- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian prosa fiksi.
- Mahasiswa dapat menyebutkan nilai-nilai yang ada dalam prosa fiksi.
- Mahasiswa dapat menyebutkan 2 karya sastra.
- Mahasiswa dapat menuliskan 1 contoh prosa.
Kata ”kajian” berasal dari kata ”kaji” yang berarti (1) ”pelajaran”; (2)
penyilidikan (tentang sesuatu). Bermula dari pengertian kata dasar yang
demikian, kata ”kajian” menjadi berarti ”proses, cara, perbuatan
mengkaji; penyelidikan (pelajaran yang mendalam); penelaahan (KBBI,
1999: 431).
Istilah prosa fiksi atau cukup disebut karya, fiksi, biasa juga
diistilahkan dengan prosa cerita, prosa narasi, narasi, atau cerita
berplot. Pengertian prosa fiksi tersebut adalah kisahan, atau cerita
yang diemban oleh pelaku-pelaku tertentu dengan pemeranan, latar serta
tahapan dan rangkaian cerita tertentu yang bertolak dari hasil imajinasi
pengarangnya sehingga menjalin suatu cerita (Aminuddin, 1987:66).
Nilai-nilai yang ada dalam Prosa Fiksi
Adapun nilai-nilai yang diperoleh pembaca lewat sastra antara lain :
1. Prosa fiksi memberikan kesenangan
Keistimewaan kesenangan yang diperoleh dan membaca fiksi adalah pembaca
mendapatkan pengalaman sebagaimana mengalaminya sendiri peristiwa itu
peristiwa atau kejadian yang dikisahkan.
2. Prosa fiksi memberikan informasi
Fiksi memberikan sejenis infonnasi yang tidak terdapat di dalam
ensildopedi. Dalam novel sexing kita dapat belajan sesuatu yang lebih
datipada sejarah atau laporan jumalistik tentang kehidupan masa kini.
3. Prosa fiksi memberikan warisan kultural
Prosa fiksi dapat menstimuli imaginasi, dan merupakan sarana bagi
pemindahan yang tak henti-hentinya dari warisan budaya bangsa. Novel
seperti Siti Nurbaya, salah asuhan, sengsara membawa nikmat, layar
terkembang mengungkapkan impian-impian, harapan-harapan,
aspirasi-aspirasi dari generasi yang terdahulu yang seharusnya dihayati
oleh generasi kini.
4. Prosa memberikan keseimbangan wawasan
Lewat prosa fiksi seseorang dapat menilai kehidupan berdasarkan
pengalaman-pengalaman dengan banyak individu. Fiksi juga memungkinkan
labih banyak kesempatan untuk memilih respon-respon emosional atau
rangsangan aksi yang mungkin sangat berbeda daripada apa yang disajikan
dalam kehidupan sendiri.
Adanya semacam kaidah kemungkinan yang tidak mungkin dalam fiksi inilah yang memungkinkan pembaca untuk dapat memperluas dan memperdalam persepsi dan wawasannya tentang tokoh, hidup dan kehidupan manusia.
Adanya semacam kaidah kemungkinan yang tidak mungkin dalam fiksi inilah yang memungkinkan pembaca untuk dapat memperluas dan memperdalam persepsi dan wawasannya tentang tokoh, hidup dan kehidupan manusia.
Karya sastra dapat dibagi menjadi 2 :
Ø Karya sastra yang menyuarakan aspirasi zamannya mengajak pembaca untuk mengikuti apa yang dikehendaki zamannya.
Ø Karya sastra yang menyuarakan gejolak zamannya, tidak mengajak pembaca melakukan sesuatu tetapi untuk merenung.
Contoh Prosa
RUANG BELAJARKU
Ketika saya berdiri di
depan pintu kelas, saya langsung terpana oleh lantainya yang kinclong.
Seirama dengan hal-hal yang serba kaca di luarnya. lantai kelas yang
terbuat dari kayu di luarnya, sangat menyenangkan. Di samping nyaman,
kesannya juga sangat bersih. Apalagi di sekitar meja dosen yang di
lapisi dengan karpet. Lcd yang sudah siap, meja dan kursi belajar juga
simpel dan enak, gambar-gambar pahlawan yang menjadi hiasan di kelas
juga sangat cocok.
Di sisi ada kiri ada
lampu duduk yang besar yang tangkai besinya terlihat amat panjang. Kursi
dosen yang di lengkapi dengan bantalan empuk. Ruangan yang full AC
membuatku betah mengikuti mata kuliah.
Fasilitas belajar yang
lengkap dan mutu yang tinggi bisa di peroleh. Apalagi setiap mata
kuliah terkadang berkomunikasi dalam bahasa inggris sehingga mahasiswa
akan terbiasa. Tenaga pengajar yang profesional sangat handal di depan
mahasiswa.
Proses belajar
mengajar berlangsung, tanpa ada keributan semua mata tertuju pada laptop
yang sudah tersedia di setiap meja mahasiswa sehingga mahasiswa tidak
mencatat materi pada kertas.
Pewangi ruangan yang begitu lembut, dan ruangan yang bebas sampah sangat mendukung konsentrasi murni dalam proses pembelajaran.
0 komentar:
Posting Komentar